MASUKKAN KATA KUNCI

Tuesday, December 6, 2016

Perbedaan Angka dan Bilangan

Perbedaan Angka dan Bilangan

Ensiklopedia Matematika - Sahabat-sahabat sekalian, pada postingan kali ini kita akan melanjutkan episode dari edisi tahukah anda?. Pada episode kali ini kami akan membahas mengenai perbedaan angka dan bilangan. Kebanyakan orang pada umumnya, mengatakan bahwa angka dan bilangan itu sama, padahal angka dan bilangan itu berbeda. Oleh karena itu, untuk mengetahui bagaiamana perbedaan angka dan bilangan, maka silahkan simak pembahasannya dibawah ini: 
 Angka dan BilanganAda yang menganggap bahwa angka dan bilangan adalah dua hal yang sama, padahal angka dan bilangan adalah dua hal yang berbeda. Demikian pula, ke dua kata angka dan bilangan masih sering dipertukarkan. Dalam hal ini, sebuah atau beberapa angka lebih berperan sebagai lambang tertulis atau terketik dari sebuah bilangan. Dengan demikian angka diberi batasan agar hanya ada sepuluh angka dasar yang berbeda 0, 1, 2, …, 9 dalam sistem bilangan basis sepuluh. Untuk memperjelas pengertian angka. Contoh penggunaannya diberikan sebagai berikut: “bilangan duabelas ditulis dengan dua buah angka, yaitu angka 1 dan angka 2, yaitu 12.”

Dalam suatu sistem bilangan biner (binary system of numbers) yaitu sistem bilangan basis 2, hanya dua angka dasar yaitu 0 dan 1 yang digunakan untuk menyatakan sembarang bilangan bula. Misalnya deretan dua angka 11 dalam sistem biner melambangkan bilangan 3 dalam sistem bilangan basis sepuluh. Demikian juga deretan tiga angka 101 dalam sistem biner melambangkan bilangan 5 dalam sistem bilangan basis sepuluh.

Setiap bilangan, misalnya bilangan yang dilambangkan dengan angka 1, sesungguhnya adalah konsep abstrak yang tidak bisa tertangkap oleh indera manusia, tetapi bersifat universal. Misalnya tulisan atau ketikan “1” yang terlihat di layar monitor dan kita membaca saat ini bukanlah bilangan satu, melainkan hanya lambang dari bilangan 1. Angka satu tertangkap oleh indera penglihatan kita berkat adanya unsur kimia yang peka cahaya dan digunakan untuk menapilkan warna dan gambar di layar monitor. Demikian pula jika kita melihat lambang yang sama di papan tulis, yang dilihat  bukanlah bilangan 1, melainkan serbuk dari kapur tulis yang melambangkan bilangan satu, melainkan serbuk dari kapur tulis yang melambangkan bilangan satu.

Konsep atau ide “satuan (oneness)”, “duaan (twoness)”, maupun tujuh belasan (seventeenness)” disebut dengan bilangan, sedangkan lambang yang menyatakan bilangan yang disebut dengan angka (numeral). Jadi perbedaan antara bilangan dan angka merupakan perbedaan antara bilangan dan lambangnya, seperti halnya perbedaan seseorang dengan namanya.

Dalam penggunaan bilangan sehari-hari, kita memberi sedikit pemikiran pada lambang yang sedang digunakan. Perbedaan antara bilangan dan lambang bilangan dapat diuraikan sebagai perbedaan suatu objek dan nama yang dihubungkan dengan objek itu. Jadi lambang bilangan adalah angka untuk menyatakan bilangan. Sebagai contoh 4, 2 + 2, 1 + 3 adalah lambang yang semuanya menunjukkan bilangan yang sama, yaitu empat. Apa bila kita menyebut nama atau menuliskan angkanya (lambangnya), maka yang dimaksud adalah bilangan. Misalnya konsep yang disebut “lima” ditulis dengan lambang 5. Perlu diketahui bahwa ada beberapa nama yang sinononim untuk lambang bilangan, yaitu angka, nama bilangan, dan gambar bilangan.

Suatu sistem angka adalah himpunan lambang dasar dan beberapa aturan untuk membuat lambang lain dengan tujuan melakukan identifikasi bilangan. Penemuan sistem angka sebagai karya yang sangat berharga merupakan penemuan besar untuk kemanusiaan, seperti halnya alphabet yang dapat digunakan untuk mengantarkan ilmu pengetahuan dari generasi ke generasi selanjutnya. Hal ini dapat dilihat dari lambang 17 yang dinyatakan untuk menyatakan untuk menyatakan sejumlah objek seperti:
$$$$$   $$$$$  $$$$$ $$$
Atau
õõõõõ   õõõõõ  õõõõõ   õõõ
Namun, kita harus menyadari bahwa diperlukan berabad-abad lamanya untuk sampai pada penyimpulan tersebut. Hal ini bukanlah pertama dan terakhir dalam sistem angka.

Terima kasih telah mengunjungi blog kami, semoga artikel perbedaan angka dan bilangan ini memberikan informasi dan wawasan yang luas bagi kita semua mengenai matematikaDan jangan lupa untuk membuka artikel-artikel yang lain dari edisi Tahukah Anda?. Silahkan copy link dibawah ini
http://banksoalmatematikakalla.blogspot.co.id/search/label/Tahukah%20Anda

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik pembahasan