MASUKKAN KATA KUNCI

Saturday, December 17, 2016

Tokoh Matematikawan : Leonard Euler




EnsiklopediaMatematika – Sahabat-sahabat sekalian, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan postingan mengenai tokoh matematikawan yaitu Leonard Euler. Beliau telah menemukan sebuah bilangan yang banyak digunakan untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu Bilangan Euler.
 Leonard Euler
Leonard Euler (1707-1783) merupakan tokoh dominan dari Matematika abad kedelapanbelas dan pengarang buku matematika yang paling subur sepanjang masa. Lahir di dekat Besel, Swiss. Ia belajar kepada orang sebangsanya Johan Bernoulli dan telah menerbitkan makalah-makalah pada usia 18 tahun. Ia menjabat di Universitas Besel, St. Petersburg Academy of Sciences. Pada waktu ia  meninggal, disebutkan bahwa semua matematikawan Eropa adalah mahasiswanya. Minat Euler yaitu dalam bidang matematika dan fisika. Ia memperkenalkan e sebagai bilangan dasar untuk logaritma asli. Memperlihatkan bahwa e dan  adalah tak rasional, dan menemukan hubungan luar biasa . Kebutaan selama 17 tahun terakhir dari hidupnya tidak menghambat karyanya. Sebagian disebabkan oleh daya ingatnya yang ajaib. Ia mengetahui dalam hati rumus-rumus trigonometri dan analisis. Dikatakan bahwa ia telah melakukan suatu perhitungan sampai posisi 50 desimal di dalam kepalanya. Selain itu, Euler adalah seorang pecinta keluarga, ia seringkali menghabiskan waktu-waktunya bersama 13 putra-putrinya dengan membangun permainan-permainan ilimiah.

Hikmah yang mungkin bisa kita petik adalah:
Keterbatasan fisik tidak menghambat seseorang untuk menghasilkan karya yang fantastis.

Terima kasih telah mengunjungi blog kami, semoga artikel tokoh matematikawan Leonard Euler ini memberikan kita manfaat dan menambah wawasan pengetahuan kita.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik pembahasan