MASUKKAN KATA KUNCI

Tuesday, December 13, 2016

Tokoh Matematikawan : Thabit Ibnu Qurra

Ensiklopedia Matematika - sahabat-sahabat sekalian, apakah kalian pernah mendengar sebuah nama dari matematikawan Thabit Ibnu Qurra???. Kami yakin, kebanyakan dari sahabat-sahabat baru mendengar nama tersebut. Oleh karena itu, pada postingan kali ini kami akan membagikan sebuah postingan yang akan membahas tokoh inspiratif matematika yaitu Thabit Ibnu Qurra. Silahkan disimak penjelasannya.
 Thabit Ibnu Qurra
Thabit Ibnu Qurra lahir pada tahun 836 Masehi – 901 Masehi. Dengan panggilan Thabit. Beliau merupakan salah seorang ilmuwan muslim terkemuka di bidang Geometri. Beliau melakukan penemuan penting di bidang matematika seperti kalkulus integral, trigonometri, geometri analitik, dan geometri non-Eucledian.
Salah satu karyanya yang fenomenal di bidang geometri adalah bukunya yang berjudul The composition of Ratios (komposisi rasio). Dalam buku tersebut Thabit mengaplikasikan antara aritmatika dengan rasio kuantitas geometri. Pemikiran ini, jauh melampaui penemuan ilmuwan Yunani kuno dalam bidang geometri.
Sumbangan Thabit terhadap geometri lainnya yakni, pengembangan geometri terhadap teori Pythagoras di masa dia mengembangkannya dari segitiga siku-siku khusus ke seluruh segitiga siku-siku. Thabit juga mempelajari geometri untuk mendukung penemuannya terhadap kurva yang dibutuhkan untuk membuat bayangan matahari.
Beberapa hikmah yang mungkin bisa kita petik antara lain :
  1. Setiap apa yang kita lakukan, buatlah menjadi sesuatu yang sangat berarti.
  2. Segala ilmu yang kita dapatkan hasru selalu dikembangkan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dapat membantu teori-teori sebelum menjadi lebih mudah dipahami dan dapat diterima oleh masyarakat dengan baik.
  3. Salah satu cara supaya kita bisa mengembangkan ilmu yang kita dapatkan adalah dengan memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan konteks ilmu itu sendiri. Misalkan : Mengapa teori ini begini ? Mengapa tidak begitu ? Bisakah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ? Bagaimana caranya menerapkan ?
  4. Kita harus bisa menggunakan teori sebelumnya untuk menemukan teori yang baru. Sehingga dengan demikian ada keterkaitan antara materi yang satu dan dengan amteri yang lain. Hal ini identik dengan kehidupan sehari-hari yang namanya kerjasama, gotong-royong, saling menghargai, dan lain-lain.
  5. Segala sesuatu yang dapat kita amati pada fenomena alam ini, kita bisa mempertanyakannya serta bisa memperoleh jawabannya, maka kita akan memperoleh pengetahuan baru yang sangat bermanfaat bagi diri kitaa khususnya dan orang lain pada umumnya.
Itulah sebuah kisah inspiratif dari seorang tokoh muslim matematikawan dalam bidang geometri yaitu Thabit Ibnu Qurra. Semoga kita dapat mengambil sebuah pelajaran didalamnya dan kita mampu paling tidak mengikuti jejak beliau. Dan terima kasih telah mengunjungi blog kami dalam Ensiklopedia Matematika.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik pembahasan