MASUKKAN KATA KUNCI

Monday, December 12, 2016

Teorema Fermat dan Teorema Wilson

 TEOREMA FERMAT DAN WILSON
Ensiklopedia Matematika - sahabat-sahabat sekalian, pada postingan kali ini kami akan membagikan sebuah materi yang merupakan materi kelanjutan kami dari postingan sebelumnya, yaitu Teorema Fermat dan Teorema Wilson. Materi tersebut tidak ada dalam kurikulum pendidikan kita, tetapi materi tersebut sangat penting bagi sahabat-sahabat yang akan mengikuti ajang-ajang perlombaan matematika. Oleh karena itu, silahkan disimak dan didownload filenya dibawah ini :

Matematika merupakan ilmu yang kompleks, yang memuat objek-obek pembelajaran yang berkaitan satu sama lain. Objek-objek dalam matematika memang berhubungan satu sama lain. Seperti halnya dikenal akan fakta tentang penjumlahan dan perkalian yang saling berhubungan yang merupakan bagian dari konsep matematika. Pada konsep perkalian melibatkan konsep penjumlahan. Karena kita kenal perkalian itu adalah penjumlahan yang berulang. Konsep pembagian juga melibatkan konsep pengurangan dan perkalian.

Seorang siswa yang telah memahami konsep perkalian yang telah mendalam, maka siswa tersebut akan cepat memahami pembagian. Atau lain halnya lagi jika konsep pembagian yang diberikan pada siswa dalam bentuk realistik atau nyata. Contohnya saja jika siswa dihadapkan pada pembagian, dengan mengambil contoh konkret seperti dalam membagi 10 buah permen pada 5 orang anak maka masing-masing anak akan mendapatkan permen sebanyak berapa butir?

Berdasarkan konsep pembagian ini, jika semua benda sudah terbagi semuanya, maka akan terlihat adanya kesamaan yang didapatkan oleh masing-masing anak  tersebut.hal seperti inilah yang dimaksud dengan kekongruenan tetapi dalam hal ini kita akan membahas tentang Teorema Fermat dan Teorema Wilson yang mana contoh soalnya lebih konkrit dari kekongruenan atau teorema yang dikembangkan dengan dasar kekongruenan oleh  Pierre de Fermat pada tahun 1640 dan Teorema Wilson dipublikasikan pertama kali Edward Waring (1770) tanpa mencantumkan buktinya.  Bukti dari Teorema Wilson pertama kali diberikan oleh Lagrange pada tahun 1771.

Beberapa kegunaan Teorema Fermat dan Wlison adalah untuk menguji keprimaan suatu bilangan bulat dan menentukan sisa pembagian. Dengan konsep Teorema Fermat dan Teorema Wilson, kita lebih mudah dan cepat untuk menentukan sisa beberapa pembagian bilangan bulat.

Silahkan didownload filenya dibawah ini :


Download This File

Terima kasih atas kunjungannya di blog kami, semoga artikel teorema fermat dan wilson ini memberikan kita pemahaman lebih terhadap matematika. Dan sampai ketemu lagi dipostingan kami selanjutnya dalam Ensiklopedia Matematika



No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik pembahasan